Layanan Akademik

 

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Universitas Buddhi Dharma menyediakan layanan akademik yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap mahasiswa. Peningkatkan pelayanan akademik dirancang dengan model saling melibatkan peran aktif mahasiswa dalam bidang ilmiah, yang dapat diwujudkan dengan dukungan pelayanan dari tenaga pengajar (dosen) maupun tenaga kependidikan (tendik).

Layanan Akademik Universitas Buddhi Dharma dirancang untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan potensi intelektual, menumbuhkan kreativitas, meningkatan kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, serta suasana belajar yang kondusif. 

 

Layanan Pengembangan Penalaran dan Keilmuan

Layanan pengembangan penalaran dan keilmuan perlu difasilitasi oleh perguruan tinggi  sebagai upaya untuk mencetak generasi muda berprestasi yang mampu berkarya membangun negeri, disamping itu lulusan perguruan tinggi dituntut secara menyeluruh memiliki ketrampilan/kemahiran academic knowledgeskill of thinkingmanagement skill dan communication skill. Sebagai upaya mewujudkan generasi yang tangguh, perguruan tinggi melaksanakan beberapa kompetisi ilmiah diantaranya:

·        Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
PKM terdiri dari beberapa bidang, yaitu penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi, karya cipta, gagasan tertulis, dan artikel ilmiah. Layanan yang diberikan mencakup sosialisasi untuk mahasiswa baru, diklat, pendampingan penyusunan proposal, penjaringan melalui mata kuliah, pendampingan pelaksanaan, presentasi, hingga pelaporan. PKM-AI diarahkan pada publikasi e-jurnal, sementara jenis PKM lain ditujukan menuju PIMNAS.

·        Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)
PIMNAS merupakan ajang nasional sebagai kelanjutan dari PKM. Universitas mendukung mahasiswa melalui peningkatan layanan PKM, pembekalan penulisan artikel ilmiah, pengenalan hak kekayaan intelektual, pelatihan presentasi, dan penyusunan poster hasil kegiatan.

·        Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM)
OSM dilaksanakan untuk menumbuhkan budaya belajar, kreativitas, serta kompetisi yang sehat. Layanan yang diberikan meliputi sosialisasi, rekrutmen, kaderisasi, pembinaan rutin, hingga seleksi peserta. Pembinaan dilakukan secara berkesinambungan di tingkat jurusan dengan melibatkan dosen, mahasiswa, organisasi mahasiswa, dan himpunan program studi.

·        Mahasiswa Berprestasi (Mawapres)
Calon mahasiswa berprestasi dipersiapkan melalui pembinaan dan pelatihan, serta diberi kesempatan mengikuti seminar dan kegiatan pelatihan lain. Proses ini didampingi dosen agar mahasiswa siap mengikuti seleksi di tingkat nasional maupun internasional.

·        Seminar Ilmiah
Mahasiswa didorong berpartisipasi sebagai peserta maupun pemakalah dalam seminar tingkat regional, nasional, dan internasional. Fakultas memberikan dukungan, termasuk bantuan dana untuk prosiding bereputasi. Kurikulum di tingkat jurusan juga diarahkan agar mahasiswa terbimbing dalam menyusun artikel ilmiah sejak awal, baik dari PKM, penelitian skripsi/tesis, maupun kegiatan ilmiah lainnya.

Layanan Penunjang Akademik

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan akademik yang mendorong munculnya ide, kreativitas, dan kemampuan komunikasi ilmiah, Universitas Buddhi Dharma menyediakan layanan penunjang agar tercipta suasana akademik yang kondusif. Suasana ini ditunjang oleh peran aktif dosen melalui:

·       Memberikan bantuan kepada mahasiswa yang menghadapi masalah akademik.

·       Menyediakan waktu khusus bagi orang tua mahasiswa yang ingin berkonsultasi.

·       Menangani permasalahan atau keluhan mahasiswa melalui dosen bimbingan konseling.

·       Menetapkan sanksi formal bagi mahasiswa yang melanggar peraturan, berlaku secara adil tanpa terkecuali.

·       Memahami kepentingan serta kesulitan yang dihadapi mahasiswa.

·       Melakukan monitoring kemajuan studi mahasiswa melalui dosen penasehat akademik atau dosen bimbingan konseling.

·       Membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam studi.

·       Mengenali minat dan bakat mahasiswa serta berupaya mengembangkannya.